Cara Merawat Tas Kulit

cara merawat tas kulit

Cara Merawat Tas Kulit

Tas Kulit, ya tas berbahan kulit hewan ini sekarang semakin banyak penggemarnya. Kebanyakan pecinta tas kulit adalah perempuan. Kaum wanita memang suka mengoleksi berbagai macam tas. Tas kulit salah satunya. Tidak hanya wanita, para pria juga menyukai jenis tas yang satu ini. Berbagai macam model dan ukuran serta merek dijual di pasaran secara online maupun offline. Bagi Anda yang memiliki tas kulit, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pasalnya tas kulit rentang terkena jamur apabila disimpan terlalu lama.Apalagi jika disimpan di tempat yang lembab. Tas kulit akan cepat sekali berjamur. Oleh karenanya Anda perlu memiliki pengetahuan tentang cara merawat tas kulit agar tidak jamuran serta awet dan tahan lama. Mau tahu cara merawat tas kulit sederhana dan mudah dilakukan? berikut tips cara merawat tas kulit dari Jayuwan Leather.

Hindari Sinar Matahari

Hindari tas kulit kesayangan Anda dari sinar matahari langsung secara terus menerus, tas kulit yang sering terkena sinar matahari akan merubah warna tas menjadi pudar. Hal ini tentu akan membuat umur warna tas kulit Anda menjadi lebih pendek sehingga akan membuat Anda males untuk memakainya lagi karena warnanya tida sekeren pas waktu pertama kali membeli di toko. Jika tas kulit Anda sudah pudar warnanya, solusi terbaiknya adalah dengan mewarnai atau di cat ulang ke pengrajin tas kulit atau ke tukang cat ulang produk perkulitan.


Menggunakan Silica Gel

Tas kulit adalah tas yang memiliki perawatan lebih dibandingkan tas dari bahan lainnya. Tas kulit membutuhkan suhu udara dan kelembaban yang pas tidak boleh terlalu panas dan tidak boleh terlalu dingin. Jika Anda tinggal di daerah yang sedikit panas maka alangkah baiknya Anda menaruh silica gel di dalam dustbag untuk dapat menjaga kelembapan tas.

Hindari Parfum & Make up

Baik pria atau wanita tentunya suka menggunakan parfum untuk mengharumkan tubuh mereka. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan parfum dalam kegiatan sehari-hari maka hindari semprotan langsung parfum pada tas kulit karena zat kimia dari parfum dapat menimbulkan bercak yang cuku suit dihilangkan apalagi jika terkena pada tas kulit berbahan pullup. Untuk Anda para wanita juga harus menghindari noda pada tas kulit yang disebabkan make up seperti lipstick atau make up lainnya. Jika ingin menyimpan parfum dan make up bungkus lagi pake kantong plastik.

Membersihkan Dengan Rutin

Jika Anda ingin tas kulit yang Anda miliki tetap awet dan tahan lama maka Anda harus membersihkannya dengan rutin. Rajin-rajinlah membersihkan tas kulit Anda dengan mengunakan kain lap halus secara berkala untuk membersihkan debu dan kotoran lain yang menempel pada permukaan tas kulit Anda. Pilihannya untuk memberihkan permukaan dapat menggunakan kain atau sponge halus dan menggunakan bahan cairan atau semprotan khusus kulit. Atau Anda juga menggunakan body lotion.

Jangan Dicuci

Jika Tas kulit kesayangan Anda kotor, awas jangan pernah anda mencucinya. Tas berbahan kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan deterjen dan air. Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas.

Hindari Tisu Basah

Jika tas kulit Anda kotor, jangan sekali-kali Anda membersihkannya menggunkan tisu basah, dan cairan lain seperti cuka, ataupun cairan kimia lain yang sering digunakan untuk membersihkan barang di rumah, Perlu Anda ketahui bahwak Kandungan dalam cairan bisa saja menyebabkan rusaknya tas kulit.

Gunakan Pembersih Khusus

Agar tas kulit tetap awet dan tahan lama, Anda bisa merawatnya dengan menggunakan cairan pembersih khusu produk perkulitan setiap enam bulan sekali, oleskan cairan khusus tersebut dengan gerakan memutar, kemudian hapus sisa cairan dengan kain yang halus atau menggunakan tangan agar pori-pori kulit tidak tersumbat.

Jangan Digantung

Setelah digunakan, tas kulit sebaiknya jangan disimpan di gantungan karena hal tersebut dapat membuat kulit tas tertarik kebawah mengikuti arah gantungan, mengingat tas kulit memiliki beban yang cukup berat. Simpan tas kulit Anda dengan posisi terbaring rata, agar bentuk pada tas tidak berubah. Pada saat Anda membeli tas kulit yang asli, biasanya si penjual akan memberikan tas kain sebagai tempat penyimpanan. Gunakan tas kain tersebut untuk menyimpan tas kulit untuk menghindari dan menjaga tas kulit dari debu secara dan agar tidak cepat lembab.

Itulah tips, cara, panduan dalam merawat tas kulit agar tetap awet dan tahan lama. Segala sesuatu yang dijaga dan dirawat dengan baik maka barang apapun akan memiliki masa pakai yang panjang. Begitu pula dengan tas kulit yang dirawat dengan baik. Bagaiamana? setelah diketahui ternyata merawat tas kulit itu tidak terlalu sulit kan? Sekarang cobalah untuk merawat tas kulit kesayangan Anda. Semoga bermanfaat!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *